Halaman

Review UTUL UGM 2010

Hari ini (Minggu, 28 Maret 2010) merupakan hari dimana dilaksanakannya ujian seleksi masuk UGM, atau yang lebih dikenal dengan UTUL (Ujian Tulis) UGM. Dilaksanakan serentak di 13 kota di Indonesia, termasuk Semarang. Di Semarang sendiri pelaksanaannya bertempat di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 untuk jalur IPA, SMA Negeri 6 untuk jalur IPS, dan SMA Negeri 5 untuk jalur IPC. Untuk IPA dimulai dari pukul 07.00-14.00 WIB, IPS pukul 10.00-16.30 WIB, dan pukul 07.00-16.30 WIB untuk IPC. 

Materi yang diujikan adalah kemampuan IPA (Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi), kemampuan dasar (Matematika dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris) dan psikotes untuk jalur IPA. Untuk jalur IPS, kemampuan IPS (Sejarah, Ekonomi, Geografi), kemampuan dasar dan psikotes. Sedangkan untuk jalur IPC, selain kemampuan dasar dan psikotes juga diujikan kemampuan IPA dan IPS.

Sistem penilaiannya menggunakan 4 poin jika jawaban benar, -1 jika salah, dan 0 jika dikosongkan. Sehingga dapat dipastikan semua peserta seleksi sangat hati-hati dalam menjawab, agar tidak mendapatkan banyak poin -1.

Menurut yang saya baca di salah satu koran Semarang, dari sekitar 46.000 peserta yang mendaftar, hanya akan diterima 4.000 saja. Dan untuk Fakultas Kedokteran, yang memiliki banyak peminat dari tahun ke tahun, dari 12.000 peserta hanya akan diterima 120, sehingga tingkat kesulitannya 1:100. Diberitakan juga bahwa jurusan Teknologi Informasi yang baru dibuka tahun ini juga banyak peminatnya. Tapi sayang tak disebutkan berapa jumlahnya.

Kemampuan IPA
Untuk jalur IPA, yang diujikan pertama adalah kemampuan IPA. Dalam ujian ini, dari 75 soal yang diujikan saya hanya dapat mengerjakan sekitar 27 soal, tapi saya tidak tahu berapa jawaban yang benar-benar mendapatkan poin 4. Dari 27 soal itu, yang memberi banyak andil adalah Biologi, 12 dari 20 soal. Selanjutnya disusul Kimia 7 dari 20 soal, Matematika IPA 5 dari 15 soal, terakhir Fisika 3 dari 20 soal.

Dari soal-soal Fisika yang saya lihat tadi, karakteristik soalnya tidak beda jauh dengan soal tahun-tahun sebelumnya. Cara penyelesaiannya menggunakan konsep dasar yang sama. Begitu juga dengan Kimia, secara garis besar juga sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Mungkin bisa menjadi perhatian bagi adik kelas yang tahun depan ingin mendaftar UTUL UGM, saran saya, sebaiknya adik-adik semua belajar dari soal yang tahun-tahun lalu. Serta jangan lupa pahami benar-benar konsep dasarnya. Insya Allah dengan cara ini dan juga disertai dengan doa, adik-adik akan sukses dalam UTUL UGM tahun depan.

Namun, untuk Matematika dan Biologi, menurut saya karakteristiknya tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Walaupun masih dalam satu bab, tapi cara penyelesaiannya berbeda. Saran saya, banyak-banyak latihan soal sajalah. Berdoa juga tentunya.

Kemampuan Dasar
Setelah mengerjakan kemampuan IPA, selanjutnya adalah kemampuan dasar. Karena sebelumnya sudah pusing karena soal-soal kemampuan IPA, saya membuat keputusan untuk mengerjakan Bahasa Indonesia terlebih dahulu. Ya, itung-itung refreshing dulu lah..

Soal-soal Bahasa Indonesia banyak didominasi oleh pertanyaan mencari inti kalimat dan inti paragraf, yang membutuhkan analisis tinggi. Dari 20 soal saya berani menjawab hingga 19 soal. Walaupun saya tidak yakin apakah jawaban saya itu benar/salah, saya berusaha untuk optimis saja. Semoga Allah memberikan yang terbaik.

Selanjutnya pilihan jatuh untuk mengerjakan Bahasa Inggris. 10 Soal yang pertama (jumlah 20) adalah tentang grammar. Dari 10 soal itu, saya hanya bisa mencoba untuk menjawab 6 soal saja. Itupun saya juga tidak tahu apakah akan benar atau salah. 10 Soal selanjutnya reading. Tapi karena banyak kosakata yang tidak saya mengerti, akhirnya saya terpaksa meninggalkannya dan berlanjut ke Matematika Dasar.

Meskipun berjudul "dasar", tapi menurut saya ini tidak dasar. Tetap membuat otak bercucuran keringat. Ditambah lagi dengan sudah menurunnya kondisi otak saya setelah diforsir dengan soal-soal sebelumnya, sehingga semakin menambah tingkat kesulitan dari soal-soal matemaatika dasar ini. Dari 20 soal, saya hanya bisa menjawab 7, yang belum pasti kebenarannya.   

Psikotes 
Terakhir adalah Psikotes. Psikotes ini terdiri dari mencari padanan  kata, lawan kata, penarikan kesimpulan, menggambarkan objek-objek yang diberikan ke dalam diagram (sebut sajalah begitu), penalaran angka, operasi hitung. Sepertinya ada lagi, tapi saya lupa apa itu. Dalam Psikotes ini, dapat ditebak bahwa kita tidak menemukan kesulitan yang berarti. Toh, sistem penilaian memakai minus sama sekali tidak berlaku di tes yang satu ini. Sehingga tidak terlalu susah untuk memikirkannya, hanya tinggal menjawab sebisanya saja.


sekian review dari saya, maaf apabila ada salah kata.. yang mau share dan/atau comment dipersilahkan.. 
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

8 Response to "Review UTUL UGM 2010"

  1. Legend Wannabe Says:
    2 April 2010 pukul 05.39

    wah sama2 fadhil nih :P
    ambil jurusan apa aja nih?
    sampai ketemu di UGM ya :)

  2. aulia fadhil Says:
    3 April 2010 pukul 22.27

    fadhil ?? hahaha..
    aku ngambil arsi, infrmtika, trkhr perikanan..
    oke, smpai ktmu jg.. (klo aku kterima.. hehe)

  3. 118240130 MUHAMMAD FAKHRI SHIDQI Says:
    2 Mei 2016 pukul 09.20

    Kak, jumlah soal psikotesnya brp ya?

  4. 118240130 MUHAMMAD FAKHRI SHIDQI Says:
    2 Mei 2016 pukul 09.21

    Kak, jumlah soal psikotesnya brp ya?

  5. Asad Resi Says:
    21 Mei 2016 pukul 17.47

    60 soal. Waktunya 45 menit

  6. Asad Resi Says:
    21 Mei 2016 pukul 17.48

    60 soal. Waktunya 45 menit

  7. Anonim Says:
    17 Mei 2017 pukul 11.44

    Kak mau nanya dong, total semua soal nya ada berapa?

  8. Anonim Says:
    21 Mei 2017 pukul 21.00

    Kak soal psikotes tpa kalau betul +4 apa +1 kak.

Posting Komentar